SD Islam Kini Tidak Hanya Menekankan Pada Pendidikan Agama

34 Pemirsa

Banyak sekali orang tua yang memilihkan anak mereka untuk masuk SD islam karena muatan agamanya banyak. Kebanyakan mereka adalah orang tua yang sadar pentingnya agama sebagai bekal kehidupan anak nanti.

Hal tersebut membuat stigma tersendiri bahwa SD negeri atau SD yang tidak ada label islam itu kurang dalam hal materi pembelajaran agama Islam. Dan tentu saja stigma tersebut kurang tepat.

Memang benar di SD Islam terdapat mulok atau muatan lokal agama yang sangat banyak. Akan tetapi, bukan berarti SD lainnya tidak memberikan pelajaran agama.

Di SD dengan label islam, kekuatannya memang di materi agama Islam. Selain materi agama Islam dasar, anak didik juga ditekankan untuk mempraktikkan. Misalnya saja di pagi hari sebelum pembelajaran di mulai, mereka harus ikut shalat dhuha berjamaah. Mereka harus mengaji bersama-sama. Dan lain sebagainya.

Dan sekarang SD Islam terus berbenah. Mereka tidak ingin ketinggalan dalam hal akademik. Faktanya, banyak sekali SD dengan label Islam yang berprestasi. Ada anak didik mereka yang juga juara olimpiade.

Mengapa bisa demikian? Setidaknya ada dua alasan. Yang pertama, para pengelola SD tersebut ingin menjaring lebih banyak lagi murid. Jadi, yang masuk ke SD tersebut tidak hanya orang tua yang ingin anaknya lebih banyak belajar Islam. Tapi juga orang tua yang ingin anaknya berprestasi. Lalu karena memilih SD Islam, maka anak juga akan belajar banyak sekali tentang Islam.

Yang kedua, mereka tidak ingin tersaingi dengan SD negeri. Karena faktanya SD negeri juga mulai berbenah. Selain memberikan pelajaran yang sifatnya akademik, mereka juga memasukkan muatan pembelajaran agama. Pasalnya, orang tua sadar jika Pendidikan agama itu sangat penting.

Agar SD negeri juga tetap diminati, maka pelajaran agama juga ditekankan. Bahkan, terkadang ada juga kelas tambahan lainnya untuk materi agama. SD negeri lebih murah atau bahkan gratis karena ada biaya BOS dan juga materi agamanya mulai banyak.

Mau tidak mau, SD Islam harus berkompetisi. Agar tidak kalah, maka bukan hanya Pendidikan agama saja yang ditekankan tapi juga kualitas Pendidikan formal atau akademik.

Sudah banyak SD Islam yang mempunyai program pendidikan yang bagus. Seperti, SD Islam Terpadu Auliya. SD Islam ini mempunyai program utama yang diberinama Character Camp. Character Camp mempunyai tujuan untuk mengasah dan mengembangkan karakter jiwa anak, Proses awal pendidikan karakter dalam revolusi mental. jangan sampai salah pilih sekolah yahh.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here