Suplai Senpi ke KKSB Papua WNA Asal Polandia Ditangkap Polisi

0
282
Suplai Senpi ke KKSB Papua WNA Asal Polandia Ditangkap Polisi
Suplai Senpi ke KKSB Papua WNA Asal Polandia Ditangkap Polisi

Warga negara asing asal Polandia terlibat penjualan senjata api ilegal yang dijual kepada kelompok kriminal searatis bersenjata (KKSB) di Papua.

WNA berinisial JF ditangkap Polres Jayawijaya bersama tiga orang lainnya di salah satu hotel di Wamena pada Minggu (26/8). Mereka telah diperiksa dan diduga memiliki bisnis penjualan senjata api.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Yan Pieter Reba, membenarkan adanya penangkapan warga negara Polandia berinisial JF yang diduga memiliki jaringan dengan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

“JF sudah kita serahkan ke Polda Papua untuk pemeriksaan lanjutan. Ada dugaan, JF memiliki hubungan dengan kelompok yang selama ini berseberangan (KKSB),” ungkap Reba, Rabu (29/8).

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, JF masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolda Papua. Saat ditangkap, JF mengaku sebagai turis.

“Untuk selengkapnya saya belum bisa menjelaskan secara rinci karena yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan di Polda Papua. Nanti kalau sudah ada alat bukti maka kita akan sampaikan. Intinya WNA tersebut masih diperiksa,” katanya di Jayapura, Selasa (28/8/18).

JF dicurigai melakukan perbuatan melawan hukum di Kabupaten Jayawijaya. Meski mengaku sebagai turis, ia diduga sedang terlibat transaksi jual beli senjata api ilegal beserta amunisinya. Namun ia sempat dilepas setelah menjalani pemeriksaan di Mapolres Jayawijaya.

Keesokan harinya, Minggu 26 Agustus 2018, petugas Polres Jayawijaya kembali menangkap JF di salah satu hotel di Wamena bersamaan dengan tiga warga lainnya yang ditangkap di tempat berbeda karena diduga memiliki hubungan bisnis ilegal dengan JF.

Kedaulatan negara harus tetap terjaga dari setiap gerakan separatis yang mengancam. Peran aparat keamanan dalam hal ini TNI dan Polri harus terus mengusut kasus tersebut hingga tuntas untuk membongkar jaringan pemasok Senpi Ilegal dan modus operandi yang digunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kedaulatan bangsa serta sebagai upaya menjaga stabilitas keamanan wilayah Papua yang selama ini mendapatkan teror dari KKSB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here