Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Resmi Menjadi Warisan Dunia UNESCO

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyambut antusias mengenai tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Resmi Menjadi Warisan Dunia UNESCO
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menyambut antusias mengenai tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Resmi Menjadi Warisan Dunia UNESCO
111 Pemirsa

Kota Sawahlunto resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dalam pergelaran Sesi Ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, Sabtu (6/7/2019), di Kota Baku, Azerbaijan.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan sebagai situs warisan dunia, Kota Sawahlunto akan memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal, terutama yang berkaitan dengan pariwisata.

Untuk itu pihaknya akan menjadikan Kota Sawahlunto menjadi destinasi wisata di Sumatera Barat.

“Mewakili masyarakat Sumatera Barat, saya menyampaikan rasa syukur dan bangga karena Sawahlunto sudah masuk sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO,” kata Irwan kepada wartawan, Sabtu (6/7/2019).

“Dampaknya tentu sangat besar. Ini akan kita jadikan sebagai destinasi baru bagi wisata di Sumatera Barat,” jelas dia.

Irwan mengimbau kepada semua pihak agar terus menjaga Kota Sawahlunto.

“Kita harapkan, (mari) sama-sama berkomitmen untuk menjaga warisan budaya dunia ini, karena tentu akan mendatangkan kebaikan, pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya.

Kota Sawahlunto resmi masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO dalam gelaran Sesi Ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia di Kota Baku Azerbaijan. Masuknya Sawahlunto akan melengkapi daftar warisan dunia yang sudah ada di Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia sudah memiliki empat warisan dunia kategori alam, yakni Taman Nasional Komodo (1991), Taman Nasional Lorentz (1999), Hutan Tropis Sumatera (2004), dan Taman Nasional Ujung Kulon (1991). Selain itu, Indonesia punya empat warisan dunia kategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Sangiran ( 1996), dan sistem Subak di Bali (2012).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here