Tantangan MEA Dijawab dengan Beasiswa Kominfo

315 Pemirsa

Jakarta – Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo telah melaksanakan seleksi beasiswa pendidikan pascasarjana melalui Program Beasiswa S2 Luar Negeri bagi PNS dan non PNS (masyarakat umum) pada April 2019.

Hasilnya, sebanyak 18 pelamar berhasil diterima dan akan dikirimkan ke Tsinghua University di Republik Rakyat Cina dan International Institute of Information Tecnology Bangalore di India. Beasiswa S2 ini difokuskan pada jurusan Public Policy dan Teknologi Informasi untuk mendukung Ekonomi Digital.

Melansir dari laman resminya, Menteri Kominfo, Rudiantara mengharapkan agar, para penerima beasiswa bisa menjalin hubungan dengan pelaku industri di negara tujuan belajarnya.

Ia juga mendorong para penerima beasiswa agar dapat memanfaatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi diluar negeri agar dapat mempersiapkan diri menghadapi perkembangan ekonomi digital yang semakin berkembang. “Manfaatkan ini untuk teman-teman senantiasa berpikir untuk ke depan, 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, lihat apa yang akan terjadi dan bagaimana saya akan memberi kontribusi,” katanya saat memberikan arahan kepada Calon Penerima Beasiswa di Jakarta, Senin (15/7/2019), sebagaimana dilansir Kominfo.

Berikut kumpulan beasiswa dan pelatihan yang diadakan Kominfo hingga pertengahan 2019: 1. Beasiswa S2 Luar Negeri Kominfo memiliki program beasiswa S2 ke perguruan tinggi di luar negeri setiap tahun, pada 2019 beasiswa difokuskan pada salah satu Universitas di Cina yaitu Tsinghua University dan Internasional Institute of Information Technology di Bangalore, India.

Beasiswa ini berlaku untuk pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat umum. Untuk program beasiswa tahun ini sudah ditutup, belum ada informasi kapan program beasiswa akan kembali dibuka. 2. Digital Talent Scholarship 2019 Program beasiswa kedua Digital Talent Scholarship 2019 dibuka pada bulan Mei-Juni lalu, program ini lebih mengarahkan ke bidang artificial intelligence, big data, komputasi awan, keamanan siber, internet of things (IoT) dan machine learning.

Anda dapat mengakses informasi mengenai beasiswa di digitalent.kominfo.go.id dan akun Instagram @digitalent.kominfo atau di digitalent.kominfo.go.id. 3. Workshop IoT Makers Creation 2019 Medan, Tangerang dan Makassar Program kerja sama Kominfo dengan Asosiasi Internet og things bernama IoT mekers Creation akan diadakan di Medan (23/7), tangerang (25/7) dan Makassar (30/7) Batas waktu pendaftaran H-7 dari acara, sedangkan untuk pengumuman peserta akan diumumkan pada H-5 sebelum acara. Kominfo akan membuka kuota maksimal 30 tim disetiap kota. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat melihat di situs Kominfo (https://www.kominfo.go.id/content/detail/19763/pendaftaran-workshop-iot-makers-creation-2019-medan-tangerang-dan-makassar/0/pengumuman).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here