Terbukti Efektif, Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di Babelan Bekasi

Seorang petugas Polsek Babelan melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan Babelan Bekasi.
81 Pemirsa

bidikdata.com Polsek Babelan Kabupaten Bekasi konsisten mengurai kemacetan lalu lintas, yang kerap terjadi di perempatan jalan utama. Upaya mengurai kemacetan dengan cara rekayasa arus lalu lintas ini terbukti efektif, khususnya di waktu pagi dan sore hari.

”Seluruh anggota harus rutin melakukan pengaturan lalulintas di simpul simpul rawan kemacetan, karena intensitas kendaraan baik roda dua maupun empat yang cukup ramai,” kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Babelan Kompol Mualim Harahap, Selasa (13/9/2016).

Menurut Mualim Harahapm, pihaknya akan konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan, yang beraktifitas di pagi hari atau jam-jam kerja kantor atau para pelajar yang ingin berangkat ke sekolah.

”Kami akan membantu pemerintah dalam upaya menciptakan lalu lintas yang tertib dan nyaman melalui manajemen lalulintas dan rekayasa arus lalulintas jalan,” kata Kapolsek Babelan.

Meski demikian, pihaknya mengakui masih ada pengendara angkutan kota yang belum mematuhi aturan lalu lintas dan marka jalan. Kurang disiplinnya sejumlah sopir angkot, kata dia, sering menjadi salah satu faktor penyebab antrian panjang yang berdampak pada kemacetan lalu lintas.

”Kami biasanya memberi imbauan kepada para sopir angkot agar tidak berhenti di sembarang tempat, karena akan mengganggu laju kendaraan lain dan menimbulkan kemacetan.” ujar Harahap.

Di kesempatan yang sama, sejumlah warga mengapresiasi tindakan petugas di lapangan dalam menerapkan pengaturan lalu lintas di jam sibuk beraktivitas. Seorang ibu rumah tangga, Latifah (38), mengaku harus melintasi pertigaan Jalan Pintu Gerbang Perum Candrabaga, Kelurahan Bahagia Babelan, untuk mengantar-jemput anaknya ke sekolah.

”Terima kasih, Pak Polisi. Setiap pagi maupun sore mengatur lalulintas, sehingga tidak ada kata lagi untuk anak saya terlambat masuk sekolah,” kata warga perum PUP Sektor V Kabupaten Bekasi ini. (KP)