Tiga Daerah Papua yang Rawan Konflik di Pilkada 2020

Tiga Daerah Papua yang Rawan Konflik di Pilkada 2020
Tiga Daerah Papua yang Rawan Konflik di Pilkada 2020
88 Pemirsa

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua, Theodorus Kossay memaparkan kabupaten yang rawan konflik saat Pilkada 2020. Dari 11 kabupaten yang ikut pilkada, terdapat tiga daerah yang rawan konflik.

Dari hasil pemetaan tersebut, tiga kabupaten dianggap rawan konflik itu yakni Kabupaten Waropen, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Kabupaten Yahukimo.

Berdasarkan pengalaman Pilkada sebelumnya, Kabupaten Waropen dan Yahukimo ini masuk kategori sangat rawan dengan belum tuntasnya masalah Pemilu 2019, sehingga masyarakat komplain.

“Kami sudah memetakan, dari 11 kabupaten yang ikut pilkada ini, tiga rawan konflik pada saat Pilkada seretak tahun 2020 nanti, karena masalah di Pemilu 2019 belum tuntas, sehingga banyak masyarakat yang kecewa dan komplain,” kata Theodorus kepada wartawan di Sentani, Senin (9/12/2019).

Namun demikian, KPU mengaku optimis pelaksanaan Pilkada kali ini di 11 kabupaten bisa berlangsung aman dan damai.

Untuk itu, Theodorus mengungkapkan, pihaknya sudah menjalin koordinasi dengan pemerintah dan KPU. Selain itu, koordinasi antara aparat keamanan TNI-Polri, hal itu untuk meredam konflik di tengah masyarakat nanti.

Ia berharap, penyelenggara Pilkada serentak nanti bisa sukses dengan adanya dukungan dari semua pihak masyarakat maupun tokoh agama dan adat.

“Kita harap, tidak ada keributan nanti. Kita juga sudah bangun koordinasi dengan pemerintah daerah, KPU aparat keamanan, untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan saat pelaksanaan Pilkada 2020 nanti,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here