Tiga Warga Asing Diamankan Imigrasi Cirebon

Tiga Warga Asing Diamankan Imigrasi Cirebon
Tiga Warga Asing Diamankan Imigrasi Cirebon
57 Pemirsa

Petugas Imigrasi Cirebon berhasil mengamankan tiga orang warga negara asing. Ketiga WNA tersebut diantara seorang dari Prancis dan dua berasal dari Vietnam.

Ketiganya diamankan petugas Imigrasi Cirebon di salah satu perusahaan di Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Jumat, 21 September 2018 malam. Saat akan diamankan, seorang warga negara asing menolak dan melawan petugas.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Cirebon M Tito Andrianto menjelaskan, ketiga warga negara asing diamankan saat petugas Imigrasi melakukan pengecekan di salah satu perusahaan di bagian produksi.

Ketiganya diketahui bekerja di sebuah perusahaan di Cirebon, namun tidak menggunakan visa kerja melainkan memakai visa on arrival dan visa wisata yang juga telah habis masa berlakunya.

Saat pengecekan, lanjut Tito, petugas mendapati ada tiga warga negara asing yang bekerja sebagai teknisi, namun tidak memiliki visa kerja.

“Dari hasil pemeriksaan, visa yang mereka gunakan yaitu visa on arrival dan visa kunjungan, bukan visa kerja. Bahkan masa aktif visa tersebut sudah habis tiga hari lalu, yaitu sejak 18 September 2018. Ketiganya langsung diamankan ke kantor Imirgasi Cirebon untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Tito.

Tito menjelaskan, ketiga warga negara asing tersebut dijerat Pasal 75 ayat 1 Undang-Undang No 6/2011 tentang Keimigrasian. Mereka terancam dideportasi setelah petugas melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here