TNI Pulihkan Infrastruktur Pasca-Banjir Bandang Garut

176 Pemirsa

bidikdata.com Sebanyak 1.070 prajurit TNI dari kesatuan Kostrad dan Komando Kewilayahan yang didukung dengan alat berat, diterjunkan dalam upaya membantu dan mencari korban banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

“Penanganan bencana dan pemulihan kondisi di Garut ini memerlukan waktu yang tak singkat. Saat ini yang menjadi masalah adalah bagaimana mencari korban apabila masih ada, kemudian merehabilitasi wilayah Garut yang terkena bencana,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam surel yang dikirim ke redaksi bidikdata.com, Kamis (22/9/2016).

BACA: Garut diterjang banjir bandang

Menurut Panglima, pihanya sudah berada dilokasi dan telah dibekali perlengkapan rehabilitasi paca-bencana, di antaranya NPS, armada dump truck, mobil ambulance, alat berat (excavator, louder, backhoe, Trailer, 17 tenda serbaguna. Perlengkapan tersebut, kata dia, ditempatkan untuk membantu operasional penanganan banjir bandang dan perlengkapan menangani masalah pengungsian.

BACA: Bekasi punya cara antisipasi banjir

“Akibat dari banjir tersebut, saat ini para pengungsi sudah ditempatkan di tempat yang aman,” kata Gatot Nurmantyo.

Hingga saat ini, TNI telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Basarnas, BPBD Jawa Barat, Polri, Tagana dan PMI, agar bencana tersebut dapat segera ditangani.

“Jadi, pengungsi semuanya sudah ditempatkan dan kebutuhan mereka sudah tidak ada masalah,” kata dia. (KP)