Toleransi Antarumat Beragama Penting di Indonesia

Toleransi Antarumat Beragama Penting di Indonesia
Toleransi Antarumat Beragama Penting di Indonesia
37 Pemirsa

Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Basarah mengajak segenap bangsa Indonesia untuk saling hormat-menghormati antarumat beragama yang berbeda-beda. Menurut dia toleransi itu sangat penting di Indonesia.

Sebagai contoh sikap menghormati menurut Basarah adalah, dengan menyampaikan salam dari semua agama dan salam budaya lokal setempat ketika sedang berpidato di depan podium sebagaimana yang sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia selama bertahun-tahun.

Selain itu, ia juga mengajak untuk tidak alergi dalam memberikan ucapan penghormatan terhadap peringatan hari-hari besar semua agama. Hal itu kata dia, dilakukan untuk toleransi kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai prinsip sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

“Bertahun-tahun lamanya saya sering memberikan ucapan selamat ketika saudara-saudara saya yang beragama lain merayakan hari besar agamanya. Saya tidak pernah merasa hal seperti itu melunturkan akidah agama saya sebagai seorang muslim,” kata Basarah dalam pidato Pembukaan Kongres ke XXI GMNI di Ambon, Kamis (28/11/2019).

Basarah yang juga Ketua Persatuan Alumni GMNI ini berharap, kongres GMNI dapat merumuskan strategi perjuangannya agar GMNI dapat menjadi perekat bangsa dengan membumikan Pancasila dan sasanti Bhinneka Tunggal Ika sebagai ideologi dan prinsip berbangsa dan bernegara yang menjadi living ideologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here