Tujuh Program Unggulan Gus Ipul-Puti Mulai Dari Dilan Hingga Pak Kardiman

89 Pemirsa

Bidikdata – Di debat pertama tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim telah menetapkan tema Kesejahteraan Rakyat. Terkait tema tersebut, pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno telah menyiapkan beberapa program unggulan yang terangkum program prioritas.

Berdasarkan pantauan pasangan yang biasa disingkat Gus Ipul-Puti telah menawarkan beberapa 7 program unggulan di antaranya.

  1. Dik Dilan (Pendidikan Gratis Dilanjutkan)

Program ini disiapkan untuk memberikan fasilitas sekolah gratis kepada seluruh siswa SMA/SMK Negeri di Jatim. Untuk diketahui, sejak tahun lalu, jenjang sekolah ini telah berpindah pengelolaan dari kota/kabupaten ke provinsi. Untuk program ini, pemerintah ke depan telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,4 triliun pertahunnya.

Program Dik Dilan juga diprioritaskan untuk para siswa dengan orang tua penyandang disabilitas. Dengan Dik Dilan pendidikan gratis di Jawa Timur diharapkan bisa semakin merata

  1. Madin (Madrasah Diniyah) Plus Berkelanjutan,

Pemerintah provinsi di bawah kepemimpinan Gus Ipul dan Mbak Puti berkomitmen melanjutkan keberpihakan terhadap Madrasah Diniyah di Jatim. Selama ini, pemrov Jatim memang telah mengalokasikan dana senilai Rp300 miliar pertahunnya untuk madin. Gus Ipul berkomitmen untuk meningkatkan program ini yang meliputi Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) Madin, beasiswa untuk guru, hingga peningkatan infrastruktur madin.

Data yang diterima menyebutkan, sekitar 26.827 madin dengan 1.837.943 Santri dan 900 ribu lebih ustadz yang anggarannya digelontorkan untuk Madin. Bahkan, sudah 10 ribu lebih ustadz Madin yang dikuliahkan ke jenjang strata satu (S-1) melalui anggaran Bosda yang sudah ratusan miliar digelontorkan setiap tahun Pemprov Jatim bagi ula maupun wustho.

  1. Laras Hati (Layanan Merata Berkualitas Sehat dan Inovatif)

Program Laras Hati menyiapkan berbagai infrastruktur untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan. Di antaranya melalui Kartu Jatim Sehat. Kartu ini diberikan kepada masyarakat yang belum terdaftar di BPJS maupun Jamkesmas. Sementara dari sisi pelayanan kesehatan, pasangan ini akan menyiapkan Unit Pelayanan Kesehatan Tanpa Tolak.

  1. Rembulan (Program untuk Perempuan Ibu dan Lansia)

Kepedulian pasangan Gusti untuk perempuan diwujudkan melalui program Rembulan. Nantinya, melalui program ini para perempuan akan dibekali cara berwirausaha, pelatihan terhadap lansia produktif, hingga pendampingan bagi perempuan bersiko tinggi.

  1. Bersinar (Berkebudayaan Rukun dan Seniman Makmur)

Puti Soekarno pernah menyebutkan bahwa melalui program ini pihaknya ingin membuat sebuah pusat kebudayaan di Jawa Timur dengan berskala internasional. Pusat kebudayaan ini akan menjadi tempat seniman untuk menampilkan karyanya. Selain itu, melalui program ini pula, pemerintah provinsi akan memberikan tunjangan kesehatan bagi para seniman yang tak lagi produktif.

  1. Superstar (Sentra UMKM dan Pemberdayaan Start Up)

Pemberdayaan perempuan juga ingin diwujudkan oleh Gus Ipul melalui program ini. Sebab, 52 persen industri kreatif di Jatim dijalankan oleh perempuan. Di program ini pemerintah ke depan akan memberikan bantuan permodalan, pelatihan serta pendampingan produksi, hingga pemasaran.

  1. Pak Kardiman (Peluang Kerja Dimana-mana)

Program ini disiapkan untuk menyiapkan lapangan pekerjaan seluas-luasnya terhadap masyarakat Jawa Timur. Meliputi penyerapan tenaga kerja usia produktif, program magang SMK, perbaikan upah buruh dan perlindungan pekerja migran hingga pendirian balai-balai latihan kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here