ULMWP Tuduh Mantan Kepala BIN Jebak Prabowo untuk Melanggar HAM di Papua

ULMWP Tuduh Mantan Kepala BIN Jebak Prabowo untuk Melanggar HAM di Papua
ULMWP Tuduh Mantan Kepala BIN Jebak Prabowo untuk Melanggar HAM di Papua
55 Pemirsa

Wakil ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Octovianus Mote membuat manuver dengan membenturkan mantan kepala BIN AM Hendropriyono dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Awalnya dia menulis tanggapan terbuka kepada Hendropriyono.

Tulisan berjudul, “Pesan Moral Terbuka untuk Jend Purn Hendro Priyono” itu diterbitkan Suarapapua.com, Sabtu (28/12/2019).

Mantan wartawan Harian Kompas itu menyebut permintaan Hendropriyono kepada Menko Polhukam Mahfud MD dan Menhan Prabowo Subianto untuk membabat habis OPM.

Menurut Octovianus, itu hanya salah satu cara Hendropriyono untuk menjerumuskan Prabowo. Jika Prabowo terpengaruh, dia kemungkinan tersangkut kasus kejahatan hak asasi manusia. Konsekuensinya, Prabowo Subianto bakal gagal bertarung pada Pilpres 2024.

Sebelumnya Octavianus mengatakan bahwa Hendropriyono melontarkan ucapan rasis. “Sebut OPM adalah tikus-tikus hitam kecil di hutan,” katanya.

“Tidak berhenti di sana, ia (Hendro) menuduh pejabat anak negeri Papua sebagai pendukung perjuangan Papua Merdeka. Karena itu ia mengusulkan sebuah kebijaksanaan rasis, agar orang Papua asli yang memimpin pemerintah Indonesia di Papua untuk membuat janji setia kepada NKRI,” lanjutnya.

ULMWP sengaja ingin membenturkan Hendropriyono dan Prabowo untuk membuat isu baru dan kekisruhan politik serta instabilitas nasional. Hal itu bukan tidak mungkin terjadi. Jika provokasi ULMWP berhasil maka kelompok ini akan dengan mudah mengobrak-abrik Bumi Cendrawasih. 

Karena tujuan mereka adalah ingin Kemerdekaan Papua. Sementara Papua adalah bagian sah NKRI.

Perjuangan ULMWP, TPN OPM sudah jelas selalu menciptakan kerusuhan dan kegaduhan hingga menimbulkan korban jiwa. Bahkan mereka tidak perduli walau harus memprovokasi antar anak bangsa.

Untuk itu masyarakat harus tetap waspada terhadap gerakan ataupun provokasi kelompok separatis ULMWP, TPN OPM yang ingin memisahkan Papua dari NKRI dengan membenturkan anak bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here