Wamena Mulai Pulih, Ekonomi Kembali Mengeliat

Wamena Mulai Pulih, Ekonomi Kembali Mengeliat
Wamena Mulai Pulih, Ekonomi Kembali Mengeliat
226 Pemirsa

Kondisi Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Papua, pascakerusuhan berangsur pulih. Aktivitas warga di Wamena mulai berjalan normal.

Terpantau, Pasar yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Jalan Irian, Wamena, sudah diramaikan pedagang yang menjajakan aneka kebutuhan pokok.

Aparat gabungan TNI-Polri masih disiagakan di sejumlah titik untuk memastikan situasi keamanan tetap kondusif.

Meski masih ada pengungsi yang bertahan di sejumlah tempat, termasuk di kantor Polres Jayawijaya dan fasilitas milik TNI di Wamena, namun mulai menggeliatnya kegiatan sehari-hari menandakan kota tersebut mulai berangsur normal.

“Situasi mulai pulih dan berangsur normal. Aparat keamanan akan terus menjaga situasi, sekaligus terus mengembangkan penyidikan untuk melakukan pengejaran terhadap para pelaku kerusuhan,” ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/10/2019).

Sementara, di tengah kota, terutama di Jalan Trikora sudah mulai ramai dilalui kendaraan para pegawai dan pekerja menuju ke tempat mereka bekerja.

Paulus berharap pemulihan Wamena, baik dalam hal ekonomi dan sosial dapat berjalan dengan cepat. Mengingat sebelumnya di Wamena tidak pernah terjadi konflik horizontal karena antara warga asli dan pendatang sudah lebih dari 20 tahun hidup bersama.

“Kemarin kami sudah menahan tujuh tersangka. Kami akan terus mengejar pelaku lainnya demi sama-sama menegakkan hukum,” jelas dia.

Sementara itu, Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut kondisi Wamena,  makin kondusif. Warga pun diharapkan tidak melakukan eksodus.

“Laporan Wamena yang tadi pagi saya terima pada dasarnya suasana semakin baik, semakin kondusif, sudah tenang. Memang masih ada beberapa warga yang masih khawatir, masih merasa takut itu saya kira manusiawi,” kata Agus kepada wartawan di kantornya, Jalan Salemba, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).

Mensos berharap warga tetap bertahan di Wamena. Karena saat ini situasi keamanan sudah kondusif.

“Karena memang keamanan sudah semakin baik, sudah semakin kondusif,” kata Mensos.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here